Belajar dari Covid-19

Belajar dari Covid-19, Mendikbud Memprediksi Normal Baru Usai Covid-19

Belajar dari Covid-19, Mendikbud Memprediksi Normal Baru Usai Covid-19

GTK – Pandemi Covid-19 ternyata memberikan ruang-ruang baru yang tidak pernah diprediksi sebelumnya. Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat pagebluk ini menjadi “guru” di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020.

Bagaimana tidak, tema Hardiknas tahun 2020 ini adalah “Belajar dari Covid-19”. Dalam tema ini tersirat bahwa banyak hal-hal baru yang positif tercipta, meskipun seluruh dunia tengah gundah melihat korban-korban yang ada.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim lebih memilih untuk mengambil hal positif dari Covid-19. Hikmah yang terjadi di tengah pandemi. Bahkan Mas Menteri memprediksi akan ada normal-normal baru yang positif terlahir usai pandemi Covid-19.

Normal baru yang diprediksi oleh Mas Menteri adalah lingkungan mikro individu masyarakat, yaitu keluarga. Sebelum Covid-19, kata “keluarga” sangat dekat dengan personal manusia, namun terasa sangat jauh. Bagaimana tidak, masyarakat disibukkan dengan berbagai kegiatan di luar rumah.

“Akan tetapi saat ini, di saat semua di rumah, bersama keluarga, berkumpul saling memberikan dukungan. Yang jauh terus menanyakan kabar, perhatian yang lebih. Saat ini kita baru merasakan keluarga adalah unit terpenting. Kita sudah sering bersama keluarga tapi merasa lebih butuh itu sekarang,” tutur Nadiem Makarim dalam Gelar Wicara Mendikbud dan Najwa Shihab memperingati Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5/2020) malam.

Kemudian, lanjutnya, normal baru yang akan muncul adalah kemampuan manusia untuk efektif melakukan apapun dimanapun dia berada.

“Mengagetkan memang, potensi kita bekerja efektif darimanapun itu sangat baru bagi kita dan ini potensi yang sangat positif,” kata Mas Menteri.

Kemudian terakhir yang jadi normal baru adalah seberapa pentingnya kesehatan untuk kita. Covid-19 menurut Mas Menteri, mengingatkan kita dengan berbagai macam pola hidup sehat yang bahkan tidak pernah kita lakukan sebelumnya. Menyadari pentingnya kesehatan dan melakukan pola hidup sehat adalah normal baru yang akan lahir usai Covid-19 ini.

Diberdayakan oleh Blogger.